Langsung ke konten utama
Innalillahi wainnalilahi rojiun. Umur tidak ada yang tahu dan menjadi rahasia untuk setiap orang. Sungguh tidak saya sangka dan membuat kaget ketika bertandang ke rumah yang letaknya di Legenda Wisata Cibubur kabupaten Bogor ini.  Jum’at itu saya datang ke rumah dan dipersilahkan masuk oleh seorang anak muda dan rupanya anak almarhum. Lalu dipanggilah asisten karena memang saya ingin membeli beberapa bibit parfum. Muncullah ibu, saya tidak tahu selama ini namanya siapa, dan menyapa saya. Karena saling kenal dan menjalin bisnis berlangsung lama. “ Bapak sudah tahu kalau Pak Musowir telah meninggal? ” pungkas istri almarhum. Bak disambar petir, guru yang telah membimbing saya bisnis sabun deterjen dan parfum telah menghembuskan napas 40 hari yang lalu. Patut disayangkan saya tidak diberitahu dan ternyata hampir semua temannya juga merasa kaget karena keluarganya sempat tidak memberi tahu. “ Saya kalut dan bingung harus memberitahu siapa saja karena rekan bisnis beliau banyak ”, kata is

Cara Membuat Sabun Batang Herbal Bidara

Tahukah Anda sabun yang terbuat dari daun bidara banyak sekali manfaatnya dan dicari orang karena khasiatnya. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjajikan apalagi pada masa pandemi yang serba sulit ini. 

Cara membuat sabun batang herbal bidara

 

Bahan-bahan untuk membuat sabun batang herbal bidara

1. Minyak kelapa 0,1 persen
2. Minyak sawit kurang dari 0,2 persen
3. Minyak zaitun 0,1 persen
4. NaOH 50 gram
5. Aquades 0,1 setengah persen
6. Madu secukupnya
7. Esential oil pepermint secukupnya
8. Bubuk bidara sekitar 2 sendok makan atau disesuaikan

Peralatan untuk membuat sabun batang herbal bidara

Peralatan bisa memakai yang sudah ada di dapur atau bisa beli. Berikut peralatan yang dibutuhkan:
1. Spatula
2. Wadah
3. Gelas ukur
4. Timbangan digital
5. Hand mixer
6. Cetakan

Cara membuat sabun batang herbal bidara

Nah, kalau sudah ada dan lengkap sekarang tinggal membuatnya, Jangan lupa siapkan alat pengaman. Gunakan masker,kacamata dan sarung tangan ya.

1. Sediakan wadah berisi air aquades dan tuangkan NaOH, Aduk dengan spatula lalu diamkan.
2. Pada wadah lain, blender ketiga minyak. Setelah itu tuangkan larutan NaOH cair.
3. Tambahkan madu, esential oil, dan bubuk bidara. Lalu blender sampai mengental atau istilahnya trace.
4. Tuangkan adonan ke dalam cetakan.
5. Diamkan sampai satu hari penuh.
6. Lepaskan dalam cetakan lalu dipotong-potong sesuai kebutuhan bila perlu.
7. Hasil cetakan taruh di wadah terbuka dan diamkan kira-kira 2 sampai dengan 4 minggu.
8. Sabun batang herbal siap dikemas untuk dipasarkan.



Resep sabun batang herbal bidara ini menghasilkan sekitar 12 batang sabun herbal dengan diameter 5x8x1,5 cm. Hasil pemotongan tergantung selera. Selalu gunakan alat pengaman seperti sarung tangan karet, kacamata google dan penutup hidung (masker) standar.

Imelda rajabintangi****a@gmail.com

Alhamdulillah ya Robb..Barakallah fiik..Terima kasih..

September 19, 2020, 11:08

Tulis Komentar

* berarti wajib diisi.
Nama:

Email: *

Komentar: *



Info COVID:



Dari kota mana Anda berasal? Cek ongkir bisa COD di sini.


Ambon Balikpapan Banda Aceh Bandar Lampung Bandung Banjar Banjarbaru Banjarmasin Batam Batu Bau-bau Bekasi Bengkulu Bima Binjai Bitung Blitar Bogor Bontang Bukittinggi Cilegon Cimahi Cirebon Denpasar Depok Dumai Gorontalo Gunungsitoli Jakarta Jambi Jayapura Kediri Kendari Kotamobagu Kupang Langsa Lhokseumawe Lubuklinggau Madiun Magelang Makassar Malang Manado Mataram Medan Metro Mojokerto Padang Padangpanjang Padangsidempuan Pagar Alam Palembang Palopo Palu Pangkal Pinang Parepare Pariaman Pasuruan Payakumbuh Pekalongan Pekanbaru Pematangsiantar Pontianak Prabumulih Probolinggo Sabang Salatiga Samarinda Sawahlunto Semarang Serang Sibolga Singkawang Solok Sorong Subulussalam Sukabumi Sungai Penuh Surabaya Surakarta/Solo Tangerang Selatan/Tangsel Tangerang Tanjung Pinang Tanjung Balai Tarakan Tasikmalaya Tebing Tinggi Tegal Ternate Tidore Kepulauan Tomohan Tual Yogyakarta


Hati-hati Tertipu Belanja Online

  • Ingin belanja tapi harus transfer dulu?
  • Sudah ditransfer tapi barang tidak dikirim?
  • Dikirim tapi pakai resi palsu?

Tips aman berbelanja online dengan bayar di tempat (COD). Cek dahulu kondisi barang yang telah diterima, barang sesuai BARU BAYAR!


Ya! Saya mau bahan dan formula Cara Membuat Sabun Batang Herbal Bidara yang bisa bayar di tempat. Klik di sini

Resep Sabun Terpopuler

Cara Mudah Buat Sabun Cair Untuk Wajah Super Lembut

Ingin cantik sekaligus menjadikan ini peluang usaha? Anda bisa membuat sabun cair untuk wajah sendiri. Teksturnya super lembut dan aman di kulit. Berikut cara membuat dan bahan-bahannya yang Anda bisa praktekan di rumah. Bahan-bahan: 1.    Air  1.200 ml 2.    SLS 200 gram 3.    Cocoamidopropyl Betaine 100 gram 4.    Garam 50 gram 5.    Propilen Glikol 50 gram 6.    Parfum lavender 50 ml 7.    Gliserin 30 ml 8.    Citric Acid  50 gram 9.    Salicylic Acid 3 gram 10.    Polyquaternium-10  60 gram 11.    Pearl cream  40 ml 12.    EDTA  40 gram 13.    Pewarna pink  5 tetes 14.    Triethanolamin (TEA)  10 ml Alat Yang Dibutuhkan: 1.    Kompor 2.    Panci 3.    Pengaduk 4.    Gelas 5.    Sendok Cara Membuat Sabun Cair Wajah 1.    Larutkan SLS dengan Garam pada panci, aduk sampai memutih 2.    Tambahkan 500 ml Air, panaskan sambil diaduk rata di atas kompor hingga mengental, angkat dari api 3.    Tambahkan Cocoamidopropyl Betaine, aduk rata dan dinginkan 4.    Larutkan dalam gelas bibit parfu

Cara Membuat Parfum Sepatu

Anda bisa membuat parfum sepatu sendiri untuk keperluan usaha laundry sepatu atau buat sendiri di rumah. Tentunya dengan bisa tahu formula dan komposisi parfum sepatu ini bisa menekan biaya produksi dan malah menjadi peluang bisnis dengan menjualnya ke masayarakat atau pelaku usaha di bidang jasa cuci sepatu.    Bahan untuk membuat parfum sepatu 1. Solvent (metanol/alkohol) 100 ml 2. Bibit parfum lavender 20 ml Alat untuk membuat parfum sepatu 1. Gelas ukur 2. Botol spray Cara membuat parfum sepatu 1. Tuang solvent ke dalam gelas ukur 2. Tambakan bibit parfum 3. Kocok sampai larut 4. Siap digunakan Bahan bisa diperoleh di toko kimia terdekat atau Anda bisa chat dengan admin pada website ini. Cara pakainya yakni dengan menyemprot bagian dalam sepatu yang bau. Anda bisa menggunakan bibit parfum lain seperti green tea, bubble gum, strowberry, kopi atau lainnya.

Cara Membuat Sabun Cream Dengan Biang Atinsoft

Sabun cream atau sabun colek yang sering kita lihat di warung-warung dijual dan dipergunakan oleh ibu-ibu ternyata bisa dibuat sendiri di rumah. Ayo pelajari bahan dan caranya. Ini bisa menjadi peluang bisnis lho. Bahan: 1. Biang Atinsoft 125 g 2. CMC 25 g 3. Air 300 cc 4. Pewarna secukupnya 5. Soda ash 50 g 6. STTP 50 g 7. Soda api 15 g 8. Air dingin 50 cc 9. Talk 1 ons 10. Bibit minyak wangi 2 cc Cara membuat: 1, bahan no 1 dan 2 dicampur dan diaduk sampai halus betul 2. Air panas 300 dicampur dengan pewarna kuning 3. Bahan no 5 dan 6 dicampur dan diaduk dengan bahan sebelumnya sampai adonan halus 4. Bahan no 7 dan 8 dilarutkan pada wadah plastik 5. Semua bahan dicampur dan diaduk 6. Teteskan bibit minyak wangi Demikian cara membuat sabun cream atau colek dengan biang atinsoft. Informasi bahan bisa Whatsapp 085773009666 untuk ketersedian barang.